BAB I PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG MASALAH
Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke-4 di
dunia yang saat ini diperkirakan mencapai ± 255 juta jiwa. Namun kurang
lebih 60% penduduk tinggal di Pulau Jawa yang luasnya hanya sekitar 6%
dari seluruh wilayah Nusantara. Apalagi ditambah dengan Pulau Sumatera, maka
dua pulau besar di bagian Barat Indonesia ini tidak hanya membangkitkan
pergerakan barang dan manusia, tetapi juga kegiatan ekonomi.
Perhubungan antar pulau Jawa dan Sumatera dilakukan
dengan kapal laut dan pesawat terbang. Namun kedua sarana angkutan tersebut
tidak lepas dari pengaruh cuaca,angin, kabut, arus laut serta kondisi siang dan
malam.
Banyaknya
permasalahan transportasi terutama pada pada
penyeberangan Merak – Bakauheni karena hal tersebut sangat berpengaruh pada
perekonomian pulau Jawa dan Sumatera maka munculah gagasan mengenai pembangunan
Jembatan Selat Sunda.
1.2
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian Jembatan Selat Sunda?
2.
Mengapa Jembatan Selat Sunda sangat diperlukan ?
3.
Apa manfaat Jembatan Selat Sunda termasuk hubunganya dengan Ketahanan
Nasional?
4.
Apa saja kendala , hambatan, dan dampak dari pembangunan Jembatan Selat
Sunda ?
BAB II PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda adalah jembatan yang melintasi Selat Sunda yang
menghubungkan pulau Jawa dengan Sumatera, dengan panjang jembatan diperkirakan
sekitar 31 km dan lebar 60 m. Dana proyek Jembatan Selat Sunda direncanakan
berasal dari Konsorsium dan diperkirakan dapat menelan biaya hingga sekitar 150
triliun rupiah. Pembangunan Jembatan Selat Sunda diperkirakan akan dilaksanakan
pada tahun 2014 dan dapat dioperasikan sekitar tahun 2030.
2.2 ALASAN PEMBANGUNAN JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda
diperlukan untuk menjawab tingginya
kebutuhan akan aksesibilitas yang cepat dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan
sebaliknya akibat perkembangan wilayah dan ketergantungan produksi dan konsumen
yang sudah sangat tinggi antar kedua pulau dan ditambah lagi berbagai permasalahan transportasi khususnya pada penyeberangan Merak – Bakauheni
pada saat ini dan waktu mendatang dengan tujuan puncak adalah menciptakan
prasarana penghubung Jawa Sumatera yang dapat mendukung perkembangan
perekonomian sosial dan budaya antara kedua pulau tersebut.
Terbukti Transportasi barang dan jasa antara Jawa dan Sumatera saat
ini, melalui penyeberangan kapal feri pada Selat Sunda sudah sangat padat dan
juga sangat tergantung pada kondisi cuaca,kapasitas kapal feri yang tersedia
serta waktu tempuh yang cukup lama untuk menyeberang Selat Sunda.
Dari sisi
infrastruktur juga pelabuhan penyeberangan
Merak-Bakauheni patut dipertanyakan. Sejak resmi
beroperasi 1 Juni 1981, lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni nyaris selalu
gagal dalam mengantisipasi perkembangan dan
penambahan volume kendaraan.
Sehingga munculah
rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda sebagai solusi dari berbagai
permasalahan yang ada pada saat ini dan diharapkan dapat memberikan manfaat
yang signifikan bagi masyarakat pulau Jawa dan Sumatera secara keseluruhan.
2.3 MANFAAT JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda sangat diperlukan untuk menjaga ketahanan nasional
dan dalam berberapa aspek agar tetap terjaga dengan stabil. Kita tahu bahwa
Aspek aspek ketahanan nasional yang menjadi alasan pembangunan Jembatan Selat
Sunda tersebut mencakup beberapa aspek berikut ini :
a. Aspek Geografi
Secara aspek geografi Jembatan
Selat Sunda dapat menghubungkan pulau Jawa dan pulau Sumatera dalam satu
kesatuan yang dihubungkan dalam jalur darat. Sehingga antara pulau jawa dan
pulau sumatra batas wilayahnya dapat ditentukan dengan batas darat.
b. Aspek Kependudukan
Jembatan
Selat Sunda dapat mempermudah akses dalam perpindahan penduduk dari pulau Jawa
ke pulau Sumatera maupun sebaliknya dan juga membuka akses darat integrasi
antar-pulau yang berdekatan sehingga memperbesar peluang pembauran, pemerataan
penduduk dan kesejahteraan.
c. Aspek Sumber Daya Alam
Pembangunan Jembatan Selat
Sunda memberi peluang perolehan untung ekonomi yang lebih besar karena
distribusi hasil bumi dan produk dari pulau Sumatera ke pulau Jawa atau
sebaliknya.
d. Aspek Politik dan Keamanan
Jembatan Selat Sunda dapat berperan sebagai perekat NKRI dalam hal
keseimbangan politis dan pertahanan keamanan sebagai dampak pemerataan kegiatan
ekonomi antara pulau Jawa dan Sumatera.
Jika berhasil pembangunan Jembatan Selat Sunda dinilai akan membanggakan
karena Jembatan Selat Sunda merupakan puncak prestasi pembangunan Indonesia.
e. Aspek Sosial dan Budaya
Secara
aspek sosial dan budaya ,Jembatan Selat Sunda dapat bermanfaat untuk memudahkan
akses interaksi dan komunikasi antara masyarakat pulau Jawa dan Sumatera
sehingga masyarakat dapat saling memahami nilai-nilai sosial dan budaya antar
masing-masing pulau Jawa dan Sumatera agar tidak mudah mengalami provokasi dari
pihak-pihak lain.
f. Aspek Ekonomi
Jembatan Selat Sunda dapat meningkatkan dan mendorong pertumbuhan ekonomi
masyarakat khususnya pulau Jawa dan Sumatera. Jembatan
Selat Sunda dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena aktivitas ekonomi
terutama dalam bentuk pengiriman barang,orang, dan jasa yang menggunakan alat
angkut antara kedua pulau tersebut dapat lebih cepat dan efektif. Selain itu pada sepanjang
jalur,desa-desa dan kampung yang dilalui oleh alat angkut tersebut dapat
dijadikan tempat peristirahatan guna meningkatkan pemasukan ekonomi baru.
Pertumbuhan ekonomi tersebut akan mendorong pemerataan pembangunan karena
pengembangan kegiatan
industri yang terkonsentrasi di Pulau Jawa dapat didistribusikan ke Pulau
Sumatera.
Jembatan Selat Sunda diyakini mampu
memompa potensi ekonomi di Banten dan Lampung untuk mengeruk untung.Aktivitas
utama itu akan mengutamakan pengembangan ekonomi daerah, termasuk peluang kerja
dalam jumlah besar bagi masyarakat.
Pembangunan jembatan
Selat Sunda akan mempengaruhi pola pemanfaatan ruang dan struktur kegiatan di
pulau Jawa dan pulau Sumatera terutama pada kawasan yang dipengaruhi (Propinsi
Banten dan Lampung).
Jembatan Selat Sunda dapat menguntungkan daerah yang dilaluinya.
Kementrian Pekerjaan Umum berncana membentuk empat cluster di daerah Banten
yang dinamai daerah strategis nasional. Daerah tersebut adalah cluster
Bojonegoro, cluster Cilegon, Cluster Tanjung Lesung, dan cluster Maja.
Cluster
Cilegon dan Bojonegara akan berfungsi sebagai lokasi industri dan pusat
ekonomi. Sedangkan Custer Tanjung Lesung akan menjadi sentra pariwisata dan
Cluster Maja nantinya dijadikan daerah pemukiman skala besar.
Keberadaan
kawasan Jembatan Selat Sunda ini dapat
menjadi sangat strategis bagi tidak hanya dua pulau tersebut,
tapi dalam arti keseluruhan ekonomi Indonesia. Angkutan
truk dari
Medan atau Aceh sampai ke Lombok melalui penyebrangan Feri mengalirkan berbagai
macam komoditi dan logistik-logistik yang merupakan bagian daripada kebutuhan
masyarakat untuk pembangunan ekonomi secara keseluruhan.
2.4 KENDALA YANG DIHADAPI DALAM PEMBANGUNAN JEMBATAN SELAT SUNDA
Pembangunan
Jembatan Selat Sunda ini bukan berarti tanpa resiko. Para insinyur perancang
teknis jembatan ini sangat mencemaskan gangguan angin yang
terlalu kuat. Bila tidak dirancang sebaik-baiknya, badan jembatan yang
tergantung pada kabel-kabel baja bisa bergoyang-goyang dan mengganggu lalu
lintas di atasnya. Soalnya, badan jembatan itu terletak cukup tinggi, yaitu 80
meter di atas permukaan laut sehingga tekanan anginnya cukup besar.
Menurut konsultan
perancangan teknis PT Bangungraha Sejahtera Mulia, Agung Wibowo , mereka sudah menyiapkan lubang-lubang
di bawah penyangga landasan badan jembatan untuk sirkulasi angin. Mereka
memperkirakan jembatan ini masih stabil biarpun dihantam angin berkecepatan 24
jam per kilometer.
Munculnya
kendala dalam sosialisasi terkait pembebasan lahan pada daerah-daerah yang
masuk dalam rencana jalur jalan yang menghubungkan ke proyek pembangunan
Jembatan Selat Sunda.
Selain itu
terdapat juga Gunung Anak Krakatau yang masih aktif namun para pakar
teknik yang merancang Jembatan Selat Sunda itu justru mengaku bersyukur dengan
fakta bahwa Gunung Anak Krakatau meletus hampir setiap tahun. Ini berarti
energi dan timbunan lava di dalam kepundannya dilepaskan secara teratur pula.
Menurut Dr.
Surono, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana pada Kementerian Energi
dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang harus ditakutkan justru
kalau Gunung Anak Krakatau diam saja, berati sedang menimbun energi sangat
besar.
Dengan pola letusan sekarang, Surono memperkirakan
Gunung Anak Krakatau tidak akan meletus dengan dahsyat dalam 200 tahun
mendatang. Krakatau, menurut dia, memiliki periodesasi letusan dahsyat selama
1500 tahun.
Selain
itu, letusan Gunung Anak Krakatau selama ini juga hanya mempunyai radius sekitar
2-3 km. Padahal letak Jembatan Selat Sunda dengan Anak Krakatau jaraknya 50
kilometer.
Namun
Gunung tersebut harus terus dipantau. Jika gunung berapi itu diam
lebih lama dari biasanya yang harus dilakukan adalah memancing
letusan kecil dengan ‘menyuntikkan’ energi ke dalam kepundan gunung
berapi tersebut.
2.5 DAMPAK NEGATIF JEMBATAN SELAT SUNDA
Semua proyek pembangunan apalagi dalam skala besar tentu mempunyai dampak
positif maupun negatif begitu juga dengan pembangunan proyek Jembatan Selat Sunda.
Dampak yang muncul akibat adanya pembangunan Jembatan Selat Sunda yaitu :
1.
Kemacetan dan meningkatnya kecelakaan lalu lintas akibat peningkatan
frekuensi dan durasi kendaraan.
2.
Menurunya kesehatan masyarakat sekitar (kebugaran fisik dan kesehatan psikologis)
yang disebabkan oleh polusi, kebisingan, kepadatan, dan kelelahan akibat
perjalanan panjang.
3.
Adanya kecenderungan untuk lebuh memilih transportasi darat daripada
transportasi laut (kapal feri) sehingga transportasi laut tersebut (kapal feri)
cenderung sepi dari pengguna jasa tersebut.
4.
Adanya penigkatan biaya perawatan jalan
5.
Munculnya konflik antara penduduk datang dan penduduk asli salah satunya
dalam persaingan bidang usaha.
6.
Potensi kejahatan meningkat karena muncul titik-titik rawan kejahatan
baru
7.
Munculnya titik rawan kecelakaan baru.
8.
Munculnya tempat hiburan gelap di daerah sekitar Jembatan Selat Sunda
sehingga memberikan dampak sosial dengan masuknya alkohol, hiburan malam
(tempat prostitusi) sehinggaakan memunculkan konflik dengan masyarakat,
organisasi kepemudaan dan keagamaan setempat.
9.
Rawanya kerusakan lingkungan seperti sampah yang pada daerah Selat Sunda.
BAB III PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
Jembatan Selat Sunda
memiliki banyak manfaat dalam aspek aspek ketahanan nasional. Jembatan Selat
Sunda dapat mendukung perkembangan perekonomian sosial dan budaya antara pulau
Jawa dan Sumatera. Pertumbuhan ekonomi tersebut akan mendorong pemerataan
proses sosial ekonomi antara pulau Jawa dan Sumatera sehingga meningkatkan kesejahteraan
masyarakat.
Jembatan Selat Sunda akan berfungsi sebagai salah satu perekat Negara
Kesatuan Republik Indonesia dan menciptakan keseimbangan politis dan pertahanan
keamanan sebagai dampak pemerataan kegiatan ekonomi.
3.2 SARAN
Saran untuk pemerintah sebagai pengambil keputusan yaitu segera
merealisasikan Jembatan Selat Sunda karena memiliki manfaat untuk peningkatan
perekonomian. Selain itu pemerintah juga harus memikirkan solusi dari dampak
yang dihasilkan dari adanya Jembatan Selat Sunda.
BIODATA PENYUSUN
NAMA :
KIDUNG DEWANDARU RT
NIM :
21010110130135
TTL : SEMARANG,
18 JANUARI 1992
ALAMAT : Jln. JANGLI KRAJAN E/13 SEMARANG
EMAIL :
kidungraka@yahoo.com
MOTO HIDUP :
BERUSAHA SEKUAT TENAGA
NAMA :
WISNU WARDHANA
NIM :
21010110120055
TTL :
SEMARANG, 07 SEPTEMBER1992
ALAMAT : Jln.
KAGOK NO 17 SEMARANG
EMAIL :
ravenwardhana@gmail.com
MOTO HIDUP : BERUSAHA DAN BERSYUKUR
NAMA :
AINAL HAMDAH ARITONANG
NIM :
21010110130136
TTL :
PINANG SORI, 01 MEI 1990
ALAMAT :
JL. BANJARSARI GG TUNJUNG SARI NO 18
EMAIL :
ainalhart@yahoo.co.id
MOTO HIDUP :
QUE SERA SERA
NAMA :
INOVIA CAHYA NINGRUM
NIM :
21010110130135
TTL :
SEMARANG, 21 November 1991
ALAMAT : JL MERANTI TIMUR
DALAM 4/12A
EMAIL :
inoviacahya@gmail.com
MOTO HIDUP : NO HAPPINES WITHOUT PAIN
NAMA :
TONY SUSANTO
NIM :
21010111120005
TTL :
SEMARANG 26 JUNI 1993
ALAMAT : JL.SENDANG ELO RT08/RW02 KOTA SEMARANG
EMAIL :
tony_susanto@yahoo.com
MOTO HIDUP :
BERGUNA UNTUK ORANG LAIN
TTL : SEMARANG 21 OKTOBER 1994
ALAMAT : JALAN CERME UTARA NO. 20 KOTA SEMARANG
EMAIL : astrid_giovani@yahoo.com
MOTO HIDUP : LENYAPKAN KATA MALAS
NAMA : bINAR SATRYO D L
NIM : L2A607018
TTL : SEMARANG 5 AGUSTUS 1989
ALAMAT : JL KETILENG INDAH UTARA IV
EMAIL : binar_lazuardi@yahoo.co.id
MOTO HIDUP : perubahan itu perlu
NIM : L2A607058
TTL : SEMARANG 18 JULI 1989
ALAMAT : SEMARANG
EMAIL : thomas_resaputra@yahoo.com
MOTO HIDUP : MELAKUKAN YANG TERBAIK
NAMA : ANDREY SURYANTO
NIM : L2A607010
TTL : SEMARANG 5 JUNI 1989
ALAMAT : JL.BINTORO RAYA 28 SEMARANG
EMAIL : KR3BOW@YAHOO.COM
MOTO HIDUP : ILMU ADALAH MATA UANG PALING BERHARGA DIDUNIA
Yth,
BalasHapusDemi kelancaran project bapak/ibu jalankan kami dari PT. TEGAR MANDIRI BERSAUDARA siap support Penerbitan Bank Garansi dan Asuransi tanpa Agunan/Non Collateral sbb:
- Jaminan Penawaran
- Jaminan Pelaksanaan
- Jaminan Uang Muka
- Jaminan Pemeliharaan
- Jaminan Pembayaran
General Insurance :
- CAR (Contractor All Risk).
- EAR (Erection All Risk).
- CGL (Comprenshive General Liability).
- WCL (Workman Compesation Liability).
- PAR (Property All Risk).
- MH (Marine Hull Insurance).
- Health Insurance Corporate.
- General Cargo Insurance.
- Automobile Liability Insurance.
Hubungi : Muhammad Nasir
Pt.Tegar Mandiri Bersaudara.
Tlp.02185908022 / 02185907632
No Hp/Wa : 0812 83334422
E-mail : tegargroup@gmail.com